Objek Wisata Karawang

Kabupaten Karawang memiliki banyak objek yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga, meskipun keberadaan objek wisata tersebut relatif masih belum dikelola secara optimal, bahkan sebagian lagi mulai terancam pengrusakan dan nyaris akan hilang, keberadaan objek wisata alam misalnya yang terdapat di dua wilayah berbeda misalnya wisata bahari di sepajang jalur utara Kabupaten Karawang dan Wisata Gunung Hutan di sepanjang jalur Selatan, berikut sekilas gambaran objek wisata di Karawang

Wisata Bahari Tanjung Pakis Karawang

Objek wisata ini terletak di ujung sebelah utara Karawang yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bekasi, lokasinya terletak di Desa Tanjung Pakis, jarak dari kota ke lokasi ini cukup jauh jika dengan menggunakan sepeda motor dibutuhkan waktu sekira 1 jam untuk mencapai lokasi wisata ini, Tempat ini demikian nyaman, dan telah dikelola secara profesional oleh perusahaan pariwisata PT. JHI sejak tahun 2000 an yang lalu, rata-rata pengunjung yang datang ke lokasi ini tidak kurang dari 1000 orang setiap bulannya dan ini merupakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Karawang

Objek Wisata Bahari Pantai Pisangan

sama seperti objek wisata tanjungpakis, wisata bahari di Pisangan juga memiliki daya tarik pantai yang sama bagusnya, Lokasinya terletak di sebelah utara Karawang di Kecamatan Pedes, lokasi ini tampaknya masih belum dikelola secara optimal mengingat tepi pantai yang relatif lebih sempit jika dibandingkan dengan pantai Tanjungpakis.

Wisata Bahari Tanjung Baru

Lokasi objek wisata ini berada di Kecamatan Cilamaya, jalur menuju ke pantai ini lebih dekat dari arah Cikampek. Kondisi pantai ini lumayan baik karena pada masa jabatan Bupati Ahmad Dadang lokasi ini di bangun dan dicanangkan sebagai objek wisata unggulan Kabupaten Karawang.

Objek Wisata Pegunungan

Karawang juga memiliki objek wisata alam pegunungan yang cukup luas, daya tarik wisata pegunungan ini adalah terdapatnya beberapa air terjun alam yang disebut dengan Curug, yaitu Curug Cigentis, Curug Santri, Curug Bandung, Curug Lalay dan banyak lagi pada sekitar tahun 1990-an objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar daerah, namun sekarang ini objek wisata tersebut relatif kurang pengunjungnya dan pemerintah Kecamatan Tegalwaru telah mencanangkan program wisata unggulan di wilayah ini untuk menarik kembali para wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayah ini. selain itu di wilayah ini pun banyak terdapat Vila yang disewakan untuk para pengunjung, umumnya pengunjung yang berdatangan ke lokasi ini setiap hari minggu sekedar menikmati pemandangan alam dan tidak jarang yang kemudian berkemah di lokasi perkemahan pramuka dan tempat sarana latihan Militer yang terdapat di sana

60 thoughts on “Objek Wisata Karawang”

  1. saya cukup sering ke pantai pakis sebab termasuk deket rumah🙂 (cibitung)
    rute yang saya lewati dari Cibitung ke arah Sukatani. memang 20KM terahir jalannya rusak berbatu, lubang dsb. terahir lebarang hari ke2 2013.
    pantai ini indah tapi sayang belum baik dikelolanya. penginapan paling baik disana yang saya tahu namanya biabio harga lebaran 250 AC dan 200 Non AC.
    cuman jika dating jangan pas lebaran sebab pantainya terlalu ramai dan sepanjang bibir pantai isinya warung kaki5, dari jual makanan, pakaian sampai ketangkasan (lempar bola, gelang etc). biaya tiket Rp8000 / orang. Rp 5000 / mobil.
    kondisi air untung2an kadang bersih kadang coklat sekali waktu saya kesana sempat bersih banget sehingga ikan2 kecil disekitar kita terlihat saat snorkeling.
    hati2 sama ubur2 kadang pantai penuh mahluk ini

    Rekomendasi:
    1) Jangan jalan saat lebaran ramai banget, macet sebab lawannya naik truk🙂
    2). hal baru yang saya temui beberapa tempat mandi bilas airnya disalurkan ke pantai. jadi klo mau berenang pilih sebelah kiri dermaga.
    3.) hati2 klo jalan ke dermaga karena banyak lubang
    4). smoga kedepannya warung2 di bibir pantai ngga ada lagi biar bagus pantainya terutama yg ketangkasan mirip2 judi

  2. Setelah 4hr lalu ngubek2 Wisata Garut(Situ2,Kawah,Curug & Pantai) semuanya dikelola secara profesional & semua memuaskan sy sbg pengunjung, rencana Minggu depan(selama 3hari) akan keliling obyek wisata Karawang tetapi setelah baca info2 disini rupanya sy harus cari tempat lain krn Jalan2 akses yg rusak & pungli2 masih mendominasi Object2 Wisata unggulan Karawang …. sayang sekali….

  3. jalan’y kecil jelek gak ada pendukung obyek wisata’y seperti kendaraan umum sama gak ada pos polis di obyek wisatanya yang menjaga..

  4. pungli & preman membuat para pengunjung jdi tidak nyaman,tlng di tertibkan atuh…..! majulah karawang……go…..go…..

  5. Karawang payah, kalo ada kampus-kampus seperti di Jkt dan Bandung pejabat-pejabatnya sudah akan di demo dan pasti ramai unjuk rasa,

  6. Jalannya rusak,payahhh…kotor berdebu menuju curug cigentis.Tdk sprti yg digembar gemborkan,..pdhal sdh jauh2 datang dr Jawa,.pgnnya nyeneng nyenengin klrga.Samudera beach lumayan,biar tempatnya krg bersih tp akses jlnya lumayan..
    Trus rumah proklamator di rengasdengklok,sy sgt prihatin..sprtinya tdk ad dukungan dr Pemkab ‎​♈ãäå ??apalagi lapangan yg katanya mau dibikin museum.Mending diruntuhkan aj sekalian,pemborosan banget.Dibangun tp tdk dirawat..payah.Coret coretan disana sini,klhatan banget tdk diperhatikan.Tdk menghargai pahlawan,..jauuuuh banget sm Monumen Jogja kembali.Payah !!!memalukan ! Ma’af ,tp bener2 memalukan tdk menghargai para pahlawan

  7. sebagai warga kp.melayu karawang turut prihatin terhadap jalan menuju pantai pakis karawang. banyak wisatawan yang merasa kecewa atas kunjungan yang kurang memuaskn. akan sampai kapan hal ini terjadi, masalah seperti ini harus segera ditindak lanjuti. karna banyak masyarakat luar yang penasaran akn kelebihan atau kenyamanan pantai pakis, namun setelah berkunjung keadaan kurang memuaskan terutama pada jalur yang rusak, hal ini akn memperendah para wisatawan bekunjung.
    oleh kaena itu pemerintah kab.karawang atau pengelola pantai pakis untuk lebih cepat mengatai masalh yang ada, guna kebaikan dan kepuasan bersama.

  8. KECEWA SEKALI DENGAN INFRATUKTUR DAN AKSES TRANSPORTASI..JALAN JALAN RUSAK PARAAAAAAAH…GANTI PEMIMPINPUN SAMA AJA.TAK ADA PERUBAHAN…

    1. DAN POLUSI UDARA YG TIDAK BAIK ???

      ITU SAMA SAJA MEMELIHARA UDARA YG TIDAK KAMI INGIN KAN ???
      KITA HARUS MENINGKAT KAN ( GO! GREEN ) DI DAERAH KABUPATEN KARAWANG , SUPAYA MENGURANGI POLUSI YG SELALU BERJALAN SETIAP WAKTU !!!!

  9. TIDAK SATUPUN OBYEK WISATA YANG PUNYA SARANA TRANSPORTASI YANG MEMADAI BAIK JALANNYA MAUPUN AKSES ANGKUTANNYA …. PARAH

    1. kalo soal pungli itu karena masyarakat disana tidak punya pekerjaan yang tetap dan mereka cenderung tidak memiliki penghasilan yang sesuai dengan standar minimum, jadi wajar kalo kebanyakan pungli, resikonya pasti tiket masuk kesana jadi semakin mahal, lokasi tidak terawat juga iya karena pengelola masih mencari keuntungan yang besar tanpa peduli dengan kepuasan pengunjung, kalo air lautnya kotor itu karena pesisir utara lautnya dangkal dan berlumpur, persoalan jalan bukan masalah yang baru, karena semua pengunjung mengalami kekecewaan yang sama karena jalanan yang sempit dan rusak…..mudah-mudahan keluhan anda menjadi perhatian bagi pemerintah Kabupaten Karawang

  10. Ass.. Wr..Wb…Karawang tunggu tanggal mainnya ,sy yakin akan lebih dari skrg dalam hal apapun tp sektor pertanian harus lebih di kembangkan lagi…….

  11. objek wisata karawang tdk dikelola secara profesional…apalagi akses jalan menuju tempat wisata (jalur selatan maupun utara) rusak berat..

    1. kondisi itu memang terbukti masih belum sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya, sudah jelas masyarakat karawang sendiri merasa bahwa infrastruktur masih jauh dari apa yang diinginkan, apalagi mereka yang mengkhususkan diri untuk mengunjungi objek wisata di Karawang yang merasakan ketidaknyamanan itu…dan ini sudah pasti menjadi pekerjaan berat yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menunjukkan keseriusan dalam membangun Karawang

  12. coba karawang lebih bnyak lagi taman kota’y,pasti bakal tambah seru buat nongkrong Baroedak karawang’y….
    tapi sayng bgt,ga banyak taman2 kota’y,
    jadi sedikit boring juga…
    hehehe

    1. bukti positioning product wisata Dunia Fantasy lebih hebat daripada objek wisata manapun di Karawang, dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah khususnya dinas pariwisata untuk ikut meningkatkan promosi dan publikasi objek wisata Karawang sehingga menciptakan positioning yang kuat di benak warga karawang….jadi kelak kalau masyarakat ditanya mau wisata kemana ? mereka serentak akan menjawab pantai Dunia Impian Tanjung Pakis atau yang lainnya….

      1. Preetttttttt ngomong aja kemarin aja pas liburan lebaran gw kena pungutan liar sama penduduk sekitar dan gw yakin sampai kapan pun tanjung pakis tidak akan maju………. anjing loe semua

      2. Anda kecewa dengan apa yang telah anda alami, tapi bukan berarti anda harus memaki dengan bahasa yang menghina semua orang…..gunakan kesopanan anda sebagai masyarakat

  13. waaah, wisata bahari tanjung baru nya PAAAARAAAAAHHHH, pintu masuk minta bayaran Rp 50,000,- , Tapi jalanannya RRRUUUSSSSAAAAKKKKK berat. Pemerintah setempat tidak ada perhatian sama sekali. Kata penduduk setempat sudah 7 (TUJUH) TAHUN TIDAK DIPERBAIKI. 7 tahun lalu, jalanan masih baik kata penduduk setempat. Sekarang sudah 7 tahun, tidak ada perbaikan, dan Makin parah. Dan banyak preman disana.

    Saya bawa wisatawan TAIWAN, jadi maluuuuuuu sekaliiiii. Kata mereka 50ribu, orang hamil 6 (enam) bulan bisa beranak dijalan.

    1. mungkin anda merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi seperti ini, memang pemerintah harusnya bisa menata objek wisata lebih baik lagi, tetapi tampaknya pemerintah masih disibukkan dengan memusatkan perhatian pada objek pembangunan lainnya yang dinilai lebih prioritas untuk didahulukan. semoga pengalaman anda menjadi perhatian serius pemerintah Karawang.

      1. maaf, anda disini sbg apa ya? kalo bisa kritik yg disampaikan segera direalisasikan jgn cuma ditampung apalagi cuma debat kusir, itu baru namanya pengabdian. kITA SEMUA MENGINGINKAN KARAWANG YG LEBIH BAIK, tapi skrg banyak jalan dibiarkan rusak padahal itu prasarana untuk sebuah kemajuan. terima kasih semoga di realisasikan.

  14. kurang ny perhatian pemerintah setempat untuk memajukan potensi SDM karawang membuat masyarakat karawang sendiri hanya bs menjadi “penonton” bukan “pemain” di daerah ny sendiri…

    1. “penonton” tidak bedanya seperti “penggila bola” paling bisa berkomentar, meneriaki lawan atau tawuran…. tapi mungkin sebagian cuma jadi “penonton catur” ikut memutar otak, berpikir sebelum berkomentar, memberikan sumbang saran dan tidak berani menyalahkan pemain…… tetapi biar bagaimanapun perbedaan diantara mereka tidak menghilangkan identitasnya sebagai “penonton”.

      Kita harus bisa lebih bijaksana terlebih untuk diri sendiri, jadilah pemain meski untuk lingkungan kecil, mulai berkompetisi dengan membangun semangat wirausaha, memperkaya ilmu bukan hanya melalui pendidikan formal, tapi gali lah dari setiap sudut dan objek yang memungkinkan kita memperoleh tambahan ilmu pengetahuan itu sendiri karena potensi terbesar dari sumber daya sebenarnya ada disekeliling kita, tinggal bagaimana kita mampu memanfaatkan semua itu dengan lebih tepat…..

  15. Karawamg itu sangat potensial bagi pendatang..bagi pribumi sendiri terpinggirkan..karena menurut banyak pemilik perusahaan etos kerja nya kurang…itu didukung pula dengan kondisi riil di lapangan…semua usaha pasti dikuasai pendatang…pemkabnya sendiri tak pernah…berusaha memajukan masyarakatnya..numpang ngeluh aa’

    1. Karawang punya objek wisata yang cukup banyak, tetapi memang belum semuanya terpublikasi, mulai dari wisata bahari, wisata pegunungan, wisata danau, wisata sejarah, wisata seni dan budaya, wisata kuliner dan lainnya. coba kunjungi situ kamojing dan hutan lestari kebon kembang di Cikampek saya yakin anda akan merasa nyaman berkunjung kesana, dan nikmati wisata kuliner yang ada disana… atau anda bisa mengunjungi bendungan walahar untuk sekedar berekreasi menikmati pemandangan bendungan sambil menikmati kuliner yang ada disana

  16. salam…saya dgn nama fuad penduduk dai surabaya ,,,,yang saya tanyakan ,,gmn perkembangan tanah yang di kerawang khususnya daerah tanjung bungin dan pakis jaya ….?dan apa bener dala waktu dekat ada investor asing yang akan mengklaim akan mengambil alih daerah tersebut untuk kepentingan usaha atau industri atau mungkin ada yang lain,,,,mohon di jawab segera,,,

    1. buat gw, klo emang bner mo ad investor asing mo bikn maju it pantai bagus,, lebih becus d urus org asing dri pda di urus pmrintah karawang

  17. di objek Curug Cigeuntis adalah objek wisata yang mumpuni. hal tersebut bs dilihat waktu hari libur dan hari besar keagamaan. wah…… hebat banyak pelancong datang kesana. cuma sayang banyak beredar isu2 negatif, yaitu objek wisata itu sering digunakan anak muda berbuat “mesum” banyak photo bahkan video amatir ditemukan.walau begitu perlu penanganan serius. ntar terjadi musibah “ITU PERINGATAN LHO” atau “AZAB”?????

  18. askum,saya sebagai penduduk asli Rengasdengklok merasa sangat kecewa dengan banyaknya pungli di setiap tempat wisata dikarawang,,terutama saat hari-hari besar seperti hari raya idul fitri.banyak sekali pemuda-pemuda yang melakukan pungli untuk kepentingan pribadi.tolong untuk aparat lebih ditertibkan lagi orang-orang yang melakukan pungli tsb.

  19. “DUGEM/NIGHT PARTY”di terminal 163 TOP aBizzzzzzzzz bikin ketagian.ceweknya cuakep2x inilah surga dunia dance ama cewek ampe pagi.

  20. askum………… saya anak seorang tukang warung di lokasi pantai tanjung baru karawang, mohon kpada pemerintah untuk lebih memperhatikan obyek wisata ini, banyak para pengunjung yang kurang puas karena jalan yang menuju lokasi wisata jauh dari kesan bagus….

  21. jika saja pemerintah lebih bisa membenahi obyek wisata digunung-gunung yang ada ditegalwaru,,pasti akan sangat rame pengunjung dari daerah ataupun diluar daerah yang berdatangan.,

  22. Karawang sering dikaitkan dalam sebuah kata bergoyang (karena memiliki akiran sama) hal ini boleh saja karena bernilai seni, akan tetapi jangan dikaitkan dengan kata layang – layang cz ini jenis alat bermain yang mana tinggi posisinya akan tetapi rempan dalam kekokohan posisi itu. dengan pariwisata alam yang banyak cobalah dirawat. lagian mengapa tidak diteluk jambe juga menjadi pariwisata industri?

  23. Salam kenal dari warga karawang yang selalu mendambakan kebersihan kota dan pelestarian alam yang saat ini sudah mulai tidak terawat dan terlupakan oleh para pejabat terkait …. teman teman tau ngga ? kenapa tempat tempat wisata yang ada di kab karawang yang bisa dihitung dengan jari ini kurang diperhatikan … ini disebabkan oleh karena para pejabat terkait hanya memikirkan untungnya doang ketimbang ngerawat….kayaknya juga para pejabatnya selalu sibuk dengan promosi dirinya sendiri apalagi kalo musimnya Pilkada kayak BAJIDOR maen sohor-sohoran doang..ditambah lagi dengan sibuknya korupsi tiap hari …jadi ya boro-boro mikirin pelestarian alam dan tempat wisata sedangkan uang yang untuk biaya perawatan lingkungan dan tempat wisata sudah habis dikorupsi,poya-poya bagi-bagi jatah ame temen-temenya…
    jangankan itu….sebagian pejabat di karawangmah uang BLT saja dipotong dan di korupsi … eh udah gitu pembagianya ngaco lagi… masa yang punya sawah dan punya harta berlimpah minta juga…dan dikasih lagi…sedangkan nenek-nenek merengek-rengek minta bagian haknya eh malah kagak dibagi…ada kabar katanya yang ngedata rayat miskinya pilih-pilih…
    pejabat kayak gitumah harus ditindak tegas, habisin, jotos aja congornya,…gara-gara mau kebagian BLT sampe rela Rumahnya yang bagus di Stempel MISKIN bego tu orang nipu dirinya sendiri…malu dong sama Allah yang udah ngasih akal,harta dll eh malah ngaku Miskin…tolong kontrol dong dari pusat udah benar apa belum pembagian BLT nya jangan cuma percaya aja kagak mau cape, kerja dong…atau mendingan ga usah ada lagi BLT deh percuma…nguntungin pejabatnya doang lagian kagak ngedidik .. minyak harganya dinaikin terus dikasih deh BLT…sekarang semuanya disuruh pindah pake Gas …eh.. gasnya dinaikin juga harganya Gimana sih…semuanya mengandung politik melulu bukan mikirin rakyat malah nyiksa Rakyat ingat kagak pesen Bung Karno KUTITIPKAN BANGSA DAN NEGERAKU PADAMU inget tuh pokoknya jangan salahin ane sama keluarga ane kalo waktunya milih lurah,sampe Presiden…jadi kagak milih abis hampir semua pemimpin di negara ini kagak ada yang Amanah..sory yeh jadi ngelantur…….abis sebel banget…sih

    1. biasanya gan pribumi mah sll tr singkir pan jkt ug gitu soklah mn urg jakarta ASLI????.simkuring urg KRW tepatna di ds karang tanjung_wadas…..putra simkuring mo lamar kerja di wilayah sendiri”karawang”HESE EUY,,,,,,,,KARENA APA ???? tos jd rahasia umum atuh gan lapangan kerja di krw mah di dominasi ku urg luar krw notabene namah urg jw ieu pakta gan ah…pan kuring teh pribumi

  24. Salam kenal,
    ternyata di pulau jawa/karawang juga ada yang mirip2 pantai kuta lho,apalagi kalo dirawat terutama 200 meter sebelum masuk ke area wisata jalanya dari dulu tetep rusak tuh tlng diperbaiki dong agar saya lebih bangga lagi,dan tolong juga disepanjang jalan sebelum masuk area pungutan yg resmi untuk pembangunan banyak pungutan yg ilegal untuk kantong pribadi yg dilakukan oleh anak2 bengal malah ada yg setengah memaksa bikin macet jalanan terutama pada hari2 yg ramai pengunjung tolong ditertibin dong pak…gimana nanti kalo ada wisata asing…malu kita pak sedangkan ditempat wisata yg terkenal lainya seperti Ancol,K binatang,T safari dll ga ada tuh pungutan liar selain Ticket masuk yag resmi. >???

  25. Pantai pakis yang terletak di utara Karawang menurut saya sangat bagus untuk wisata laut lokal sebagai alternatif dan menjadi kebanggaan saya umumnya masyarakat karawang terlrbih lagi jika dikembangkan dan dirawat, namun saran saya kepada aparat yang terkait tolong diperhatikan adanya pungutan-pungutan liar yang sedikit kurang sopan memaksa para pengunjung sebelum memasuki area wisata hal ini sedikit aga meresahkan para pengunjung jangan sampai membuat kapok yang berkunjung dan mencemarkan nama baik daerah wisata itu sendiri.

  26. Lam kenal u semua, dengan perkembangan kota Karawang tercinta diberbagai sektor ini, tentunya sektor hiburan juga tidak kalah penting. Jadi u warga Karawang & sekitarnya setelah cape beraktifitas bisa u sekedar happy & enjoy di Terminal 163 Cafe, jl Arteri tol karawang Barat http://www.terminal163.net/
    Sukses semua….

  27. Pak, saya menanyakan cara menuju curug santri dari arah bekasi timur, atas jawabannya saya ucapkan terimakasih
    Salam

  28. halo smuany…ada yang tau ga kenapa sampai pt guswara ga jadi kelola,saya dengar kok pt tersebut ada hubunganya dengan yayasan amalillah yang saat ini lg gencar2nya di media..trim

  29. saudara wahyu setiadi,
    anda tidak mencantumkan alamat email anda, jadi saya tidak dapat membalas melalui email, untuk informasi objek wisata tanjung pakis awalnya di kelola oleh PT. JHI kemudian pada pertengahan tahun 2004 terjadi pengalihan pengelolaan oleh PT Gusswara, namun sayangnya pengelolaan tidak lama, selang sekitar 1-2 tahun saja dan kemudian pengelolaan di ambil alih kembali oleh PT. JHI hingga sekarang, berkenaan dengan alokasi bantuan dari PT Guswara itu sendiri saya belum mengetahui dengan pasti.

    Perkembangan objek wisata bahari pantai tanjung pakis hingga saat ini belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, sehingga tentunya alokasi pendapatan dari sektor ini masih belum optimal hal ini dikarenakan akses informasi dan infrastruktur yang belum memadai selain jarak tempuh menuju objek wisata ini yang terbilang sangat jauh – butuh waktu 2 jam dari akses jalan protokol ke lokasi- sementara kondisi jalan yang terbilang bagus baru sampai di kecamatan Batujaya dan memasuki kecamatan pakis sampai lokasi jalan masih sangat rusak, ini menjadi tantangan bagi pengelola untuk bagaimana caranya meningkatkan informasi dan infrastruktur untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

    demikian informasi singkat dari saya, selebihnya bisa anda tanyakan melalui email saya

  30. Assalamualaikum,
    Begini…Saya mau tanya perkembangan pantai tanjung pakis yang katanya mendapatkan bantuan dari PT gusswara musica entertainment.Sampai dengan sekarang, proses perkembangannya seperti apa?Demikian terima kasih.
    NB: Saya harap Anda juga membalas ke e-mail saya.

  31. saudara cahya,
    benar juga menurut pendapat anda bahwa lokasi wisata di Kabupaten KArawang memang belum mendapatkan sentuhan yang optimal, ibaratnya ini adalah potensi sumber daya yang dibiarkan terbengkalai, dampaknya adalah target pencapaian pendapatan daerah dari objek wisata relatif belum optimal dan ini juga yang menyebabkan warga disekitar kawasan wisata belum bisa menikmati perubahan kesejahteraan mereka, mungkin dengan semakin sering kita memberikan pandangan dan gagasan akan dapat membuka peluang bagi pemerintah untuk lebih mengoptimalkan perbaikan dan penataan objek wisata di karawang

  32. menurut saya tempat wisata di karawang itu cukup lumayan untuk menarik para wisatawan. Mungkin hanya publukasinya yang kurang sehingga wisatawan masih kurang tahu ada objek wisata apa saja yang ada di karawang ini. Selain itu, saya menyoroti tentang sarana dan pra sarana yang ada di objek wisata tersebut misalnya tanjung baru. tanjung baru sudah mulai di kenal oleh para wisatawan tapi sarana dan prasarana yang kurang memadai menyebabkan para wisatawan mengurungkan kedatangnya ke tempat tersebut karena kondisi jalan yang masih rusak. apalagi ketika musim hujan, sangat menyiksa para wisatawan. kamudian kondisi kebersihan pantai tersebut terlihat masih kotor dan sampah dimana-mana. mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. mohon ini jadi bahan peartimbangan untuk pemerintah kabupaten karawang khususnya sektor kepariwisataan.

    1. Saya setuju dengan pendapat Sdr. Cahya, sebagai putra asli Batujaya saya merasa prihatin dengan kondisi kepariwisataan di Karawang, khususnya di Karawang Uatara spt. Batujaya, Pakisjaya, dan Pedes. Padahal seharusnya di daerah tersebut dapat dikembangkan menjadi obyek wisata bergengsi apalagi di Batujaya telah ditemukan situs Candi Jiwa, Blandongan dan lain-lain dalam satu area, situs ini dapat dikembangkan menjadi Obyek Wisata Sejarah (cultural tourism), selain itu Pantai Tanjung Pakis yang letaknya berdekatan dengan Batujaya juga Jakarta via laut sangat potensial untuk dikembangkan menjadi Obyek Wisata Bahari (maritime tourism).

      Jawabannya adalah apakah Pemda Kab. Dati II Karawang mau menyiapkan segala infrastruktur yang ada, misal akses jalan menuju lokasi saat ini masih belum tertata dan terjaga dengan baik, contoh jalan dari Tanjungpura-Regasdengklok-Batujaya-Pakisjaya masih banyak hambatan berupa jalan berlubang dan bergelombang, hal ini perlu adanya upaya untuk dibangun menjadi jalan kabupaten dengan material cor beton tahan cuaca, sekaligus juga dibuatkan akses jembatan antara Kecamatan Batujaya dengan Cabangbungin (Bekasi) melintasi kali Citarum supaya akses ke Jakarta menjadi lebih dekat demikian pula sebaliknya.
      Saat ini jaringan listrik sudah tersedia, demikian pula telekomunikasi baik fixed-line maupun seluler sdh ada, tinggal goodwill Pemda Kabupaten atau Provinsi yang harus berprakarsa untuk membangun daerah tersebut, jika tidak maka niscaya lumbung padi nasional akan mencari jalan sendiri, seperti melepaskan diri dari Kabupaten Karawang membentuk Kabupaten Rengasdengklok. misalnya. Demikian komentar dari saya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Bagi Anda yang Bijak

%d blogger menyukai ini: