MEMBANGUN DAYA SAING MERK PRODUK LOKAL

Budi Rismayadi

Pesatnya penetrasi produk dari Cina di pasaran Indonesia dan juga semakin memburuknya kondisi perekonomian Eropa Barat dan Amerika yang ditandai dengan kenaikan nilai tukar dolar yang terjadi beberapa waktu ini seharusnya memberikan harapan besar bagi bangkitnya produk lokal Indonesia terlebih untuk dapat membangun kekuatan branding produk sendiri.

Menciptakan merk lokal yang baik akan mampu meningkatkan daya saing produk dalam negeri ditingkat nasional maupun internasional, semisal beberapa merk produk lokal yang sudah cukup dikenal hingga mampu menembus pasar internasional seperti produk industri rokok, kacang garuda, indomie dan banyak lagi produk lainnya yang sudah mampu membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki kesempatan besar untuk bisa bersaing ditingkat nasional dan internasional.

Indonesia merupakan pasar yang sangat besar bagi produsen seluruh dunia, apalagi dengan rata rata tingkat konsumsi yang tinggi dan didukung dengan kemampuan beli yang terus mengalami peningkatan, sehingga bisa dimaklumi jika produk luar negeri seperti dari China, Korea, Jepang dan negara asia lainnya berlomba untuk menguasai pasar Indonesia dan menawarkan berbagai macam produk berkualitas tinggi dengan harga yang relatif lebih terjangkau bahkan hingga produk murah yang mengesampingkan kualitas.

Sangatlah ironis mendapati bahwa produk lokal Indonesia ternyata harus kalah bersaing dengan produk asing dipasaran nasional, ini menjadi persoalan besar bagi kita, bagaimana mungkin produk lokal harus tersisihkan dipasar sendiri ? apa yang menjadi penyebabnya ? apakah masyarakat kita sudah demikian keranjingan dengan produk luar negeri ? dan tentu saja berbagai pertanyaan dan pernyataan akan bermunculan, tapi mampukah semua itu menjawab dan menyelesaikan persoalan itu ?.

Memang beberapa produk Indonesia sudah mampu melakukan penetrasi hingga pasar internasional khususnya untuk produk bahan makanan dan kebutuhan lainnya, bahkan di Malaysia banyak produk Indonesia yang menguasai pasaran baik modern maupun pasar tradisional, namun ini belum secara signifikan mampu merangsang berkembangnya produk produk lokal lainnya untuk masuk dan menguasai pasar internasional.

Kunci utama untuk meningkatkan daya saing pasar produk lokal disamping dengan cara meningkatkan kualitas produk dan menciptakan branding yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan pasar terhadap produk lokal juga harus dibarengi dengan upaya pemerintah baik pusat maupun daerah agar lebih memfokuskan diri terhadap pembinaan dan pengembangan produk lokal dan memotivasi munculnya inovasi dan pengembangan produk baru yang dilakukan secara terus menerus.

Selain itu perkembangan yang pesat bisnis retail semacam franchise di Indonesia seharusnya menjadi kekuatan dan daya dukung bagi merk produk lokal di pasar nasional, munculnya kesadaran untuk lebih memprioritaskan penjualan merk produk lokal dibandingkan dengan produk luar perlu ada yang berani untuk memulainya dan diikuti oleh pengusaha bisnis waralaba diseluruh Indonesia, sehingga keberadaan bisnis ini tidak terkesan menjadi “predator” bagi pebisnis di pasar tradisional.

Konsep one village, one product yang belakangan ini menjadi target pembangunan daerah yang dicanangkan oleh beberapa kepala daerah di Indonesia merupakan peluang dimana pemerintah sudah menunjukkan upaya dan kepedulian yang besar untuk menggali potensi pengusaha baru dan inovasi baru produk lokal.

Persoalan lainnya adalah keterbatasan informasi yang dapat diakses oleh para pengusaha lokal mengenai bagaimana langkah yang tepat untuk mempertahankan, memellihara dan mengembangkan merk produk yang mereka miliki, jika sudah begitu jangankan untuk menggali, menciptakan dan menemukan produk baru, untuk mengelola produk yang sudah ada saja mereka cukup kewalahan.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s