PELATIHAN DAN PEMBINAAN POSDAYA PASCA KNM UNSIKA 2011/2012

Kegiatan KNM yang dilaksanakan pada tahun 2011 dan 2012 merupakan kegiatan tematik pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA), tindak lanjut dari kegiatan pembentukan Posdaya pasca KNM Unsika dilaksanakan dengan menggelar kegiatan pelatihan dan pembinaan untuk pengurus Posdaya, dan kali ini kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan sebanyak 170 Posdaya yang dibentuk pada KNM 2011 dan 2012 yang lalu.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kampus Unsika merupakan kegiatan sebagai bentuk pembinaan dan pendampingan kepada Posdaya agar mereka mampu menjalankan fungsi Posdaya di masyarakat dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh, hal ini bertujuan agar menjadi stimulus bagi pembangunan di daerah mereka masing-masing.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Yayasan Pendidikan Pangkal Perjuangan (YPPTPP) Bapak Mayjen. TNI Purn. Tayo Tarmadi, S.Sos yang didampingi oleh Ketua Harian Yayasan Bapak H. Dadang Fakhrudin, Drs.,MM bersama Rektor Unsika Bapak H. Harun Firdaus, Drs.,M.Si kemudian perwakilan dari Bappeda Kabupaten Karawang Bapak Drs. Dedi serta dihadiri pula oleh beberapa pimpinan fakultas di lingkungan Unsika.

Pada kesempatan sambutan yang disampaikan oleh Bappeda disampaikan bahwa pada dasarnya pemerintah daerah mendukung terciptanya pemberdayaan terhadap masyarakat terlebih pembinaan terhadap keluarga sebagai satuan kelompok terkecil di masyarakat untuk bisa membangun secara mandiri dan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat.

Hal senada disampaikan oleh Rektor Unsika bapak H. Harun Firdaus yang intinya berharap bahwa lembaga pendidikan khususnya Unsika dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Karawang termasuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat yang lebih baik, percepatan pembangunan di Karawang perlu lebih disikapi secara cermat dan serius agar kemudian hari masyarakat Karawang harus mampu mempersiapkan diri dengan segala potensi sumber daya yang ada sehingga bisa menikmati pembangunan ini dan tentu saja mampu berkompetisi untuk mengisi pembangunan ini menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.

Selain itu disela-sela sambutan sekaligus pembukaan acara pelatihan ini ketua Yayasan Pendidikan Pangkal Perjuangan bapak Mayjen TNI. Purn. H. Tayo Tarmadi, S.Sos menyampaikan bahwa intinya pembangunan itu tentu saja membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, bukan saja materi tetapi juga imateri untuk dapat mencapai tujuan dari harapan dan keinginan masyarakat yaitu  menuju taraf hidup yang lebih baik dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan Posdaya ini dilaksanakan satu hari penuh dengan materi pelatihan yaitu pembuatan Pupuk Kompos dan Pembuatan Pupuk Organik Cair, instruktur pelatihan ini dipimpin oleh bapak H. Briljan Sujana, Ir.,MS dari Fakultas Pertanian Unsika dan dibantu oleh Bapak Umar, SP sebagai tenaga ahli pembuatan Pupuk Organik Cair serta kelompok mahasiswa sebagai pendamping pada kegiatan pelatihan tersebut.

Diakhir kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik dan POC, peserta juga diajak melihat-lihat workshop LPPM Unsika yang pada hari yang sama tengah menggelar kegiatan pelatihan pembuatan keripik buah oleh kelompok creativepreneur binaan LPPM Unsika yaitu kelompok UMKM yang sudah sejak 2 tahun bergabung dalam berbagai kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh LPPM Unsika.

 

Budi Rismayadi, SE.,MM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s