Realitas

rumah dipinggir citarum
semula aku pikir ini kandang ayam atau tempat penyimpanan barang yang sengaja dibuat warga, tetapi saat seseorang keluar dari sana baru aku sadar bahwa ini adalah sebuah rumah.

Realita bahwa pembangunan belum sepenuhnya menyentuh sampai lapisan terbawah dari masyarakat, ketimpangan pendapatan dan tidak meratanya pembangunan menyebabkan munculnya persoalan yang cukup besar, disamping dampak dari tidak adanya kesempatan bagi warga masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan dan memperbaiki tingkat kesejahteraan mereka menambah panjang daftar masalah pembangunan daerah.

Bangunan di atas Irigasi dampak dari pembangunan yang terus mengalami pertumbuhan tanpa adanya kontrol yang baik akan menyebabkan pergeseran beberapa nilai sosial masyarakat, persaingan yang ketat dan cenderung menyebabkan sebagian besar masyarakat menempuh berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya, tata laksana kota kemudian menjadi tidak beraturan, berbagai tata tertib, peraturan daerah dan undang-undangpun bahkan bukan sesuatu yang harus ditakuti oleh masyarakat karena selama ini belum ada tindakan nyata yang mampu membuat masyarakat sadar bahwa hukum harus ditegakkan.

dampak negatif pembangunan salah satunya adalah dengan semakin banyaknya pemanfaatan lahan-lahan atau tanah-tanah milik dinas, instansi atau tanah negara yang dijadikan sebagai tempat bermukim, bahkan mereka tak segan-segan mendirikan bangunan permanen di atas tanah yang bukan miliknya, karena mereka beranggapan bahwa pemerintah tidak akan berani untuk mengusir mereka dari lokasi tersebut, atau kalaupun ada program penertiban paling tidak mereka meminta sejumlah uang untuk mengganti kerugian, padahal mereka sudah sadar bahwa tanah itu bukan milik mereka. apakah karena mereka tidak mampu membeli sebidang tanah untuk membuat rumah? atau justeru mereka sebenarnya memiliki harta dan sengaja memanfaatkan tanah tersebut untuk investasi, tentu harus ada pengklasifikasian dari motif masyarakat menggunakan tanah negara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s