Arsip Berita Banjir 2007

Petambak Udang dan Bandeng Rugi Rp 21,5 Miliar

Sumber : http://www.sinarharapan.co.id/berita/0702/14/nus04.html rabu, 14 Februari 2007

 

Karawang-Dinas Peternakan, Kelautan dan Peternakan (PKP) Kabupaten Karawang menaksir kerugian pembudi daya bandeng dan udang akibat banjir beberapa waktu lalu mencapai Rp 21,5 miliar. Kerugian sebesar itu dihitung berdasarkan hilangnya bandeng sebanyak 3.166,2 ton, udang 96,1 ton, serta bibit udang sebanyak 22 juta ekor yang hanyut terbawa banjir.

Kepala Dinas PKP Kabupaten Karawang Nunie Yuniati yang ditemui SH, Selasa (13/2), menyebutkan, banjir telah menggenangi tambak seluas 13.193,6 hektare di sembilan kecamatan di wilayahnya yang menjadi sentra produksi bandeng dan udang.

Dari luas tambak yang tergenangi itu, 10.554,8 hektare di antaranya ditanami bandeng, sedangkan sisanya seluas 961 hektare ditanami udang dan 1.667 hektare ditanami bibit udang.

Dia menambahkan, kalkulasi kerugian yang mencapai angka Rp 21,5 miliar itu karena setiap hektare tambak yang ditanami bandeng rata-rata menghasilkan 300 kg dengan harga mencapai Rp 6.000/kg, sementara udang menghasilkan 100 kg setiap hektare dengan harga Rp 20.000/kg. Jumlah itu kemudian ditambah hilangnya 2 juta ekor bibit udang yang harganya Rp 24/ekor.

“Kami sudah melapor ke Bapak Bupati tentang jumlah kerugian pembudi daya perikanan itu akibat banjir. Kami juga sudah mengusulkan ke Dinas Perikanan Provinsi Jabar agar ada bantuan untuk para pembudi daya yang terkena musibah banjir,” ujar Nunie.

Diakui dengan adanya musibah banjir ini, produksi bandeng dan udang di Kabupaten Karawang tahun 2007 ini dikhawatirkan menurun dibandingkan tahun 2006 yang menghasilkan 20.834,18 ton bandeng dan 12.167,71 ton udang. Karena itu untuk menggenjot produksi agar tidak menurun drastis, Nunie berharap segera ada penanaman bibit bandeng dan udang di tambak-tambak yang sudah kosong itu.

Sebelumnya Wakil Bupati Karawang Elly Amalia kepada SH ketika meninjau lokasi banjir di wilayah utara Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu menyebutkan pihaknya belum bisa memastikan memberikan bantuan untuk meringankan kerugian para pembudi daya bandeng dan udang itu.

Kepastian adanya bantuan itu akan didapat setelah pihaknya melakukan evaluasi secara keseluruhan karena musibah banjir kali ini begitu besar dan cakupannya juga sangat luas.

“Kita dalami dulu dan nanti akan dirumuskan apakah perlu diberikan bantuan. Jika ada bentuk bantuannya bagaimana,” ungkapnya.

Kabupaten Karawang memiliki tambak seluas 16.492 hektare yang keseluruhannya berada di wilayah utara daerah itu yang mencakup sembilan kecamatan dengan jumlah pembudi daya mencapai 5.050 orang.

Kecamatan Tirtajaya merupakan wilayah paling luas memiliki tambak yaitu mencapai 6.066 hektare disusul masing-masing Cibuaya 4.490 hektare, Pakis Jaya 1.944 hektare dan Batu Jaya 1.083 hektare. (widjil purnomo) Copyright © Sinar Harapan 2003

 

2 thoughts on “Arsip Berita Banjir 2007”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s