Karawang Rawan Banjir

Banjir tahun 2006

Banjir…?? ah sudah tidak aneh, awal tahun 2004 lalu Desa Telukbuyung Kecamatan Pakisjaya terendam banjir hingga mencapai lebih dari 2 meter karena luapan sungai citarum menurut warga setempat banjir seperti itu sebelumnya tidak pernah terjadi, kemudian awal tahun 2006 banjir serupa kembali terjadi dan kemarin awal tahun 2007 banjir terbesar dan terparah telah menjebol tanggul dan menyebabkan ratusan hektar sawah dan tambak ikan hancur.

Mungkinkah awal tahun 2008 banjir itu akan datang lagi..???, gak ada yang berani bilang pasti, tetapi prediksi itu sudah muncul karena telah terjadi kerusakan dan pendangkalan Daerah Aliran Sungai sebagai akibat dari aktivitas sedot pasir di Kp Tenjojaya Desa Telukbuyung Kecamatan Pakisjaya, belum lagi penggundulan hutan yang terus menerus meluas, tampaknya banjir yang lebih besar akan terjadi di tahun-tahun mendatang.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah dan warga karawang…??, belum ada upaya maksimal yang bertujuan mengantisipasi peristiwa serupa, kebanyakan orang hanya menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan dan Nasib saja, bukan mencari solusi bagaimana menghentikan kegiatan pendangkalan sungai citarum dari aktivitas penggalian liar atau mencegah penggundulan hutan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Pemerintah bisa sembunyi tangan dengan kejadian ini cukup dengan mengatakan “siapa yang bisa mencegah kekuatan alam ?” tidak ada satupun manusia yang akan sanggup. padahal pertanyaan mendasar yang nyaris dilupakan adalah “adakah peraturan atau hukum di negara ini yang bisa mencegah pengrusakan alam itu ?, jikalau ada mengapa tidak dilaksanakan dengan benar ?, mengapa mereka dibiarkan membabat hutan dan menggali pasir di DAS citarum ?” dan banyak lagi pertanyaan yang pasti menyudutkan pemerintah.

Banjir……..banjir……….bersiap-siaplah warga karawang bahaya itu kerap akan datang di tahun mendatang……… Alam memiliki kekuatan yang luar biasa besar, tetapi ingatlah bahwa kekuatan itu muncul karena keserakahan manusia… jadi sadarlah !!!

One thought on “Karawang Rawan Banjir”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s