SEJARAH KARAWANG YANG TERTULIS DI MUSIUM PERJUANGAN INDONESIA

sumber : Bupala

Pada zaman Kerajaan Padjadjaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maha Raja, Karawang merupakan salah satukota dari Pajajaran yang merupakan kota Pelabuhan di tepi Sungai Citarum. Bupati Pertama adalah Adipati Kertabumi IV yang dikenal Singaperbangsa yang secara turun temurun menjabat Bupati Karawang, pernah menjadi sebagai bagian dari wilayah kekuasaan kerajaan Mataram dan pemerintah Hindia Belanda sampai datangnya kekuasaan Inggris. Pada masa Pemerintahan Inggris (tahun 1811-1816)

Kabupaten Karawang dihapuskan dan baru dihidupkan kembali sekitar tahun 1820 dan Bupati pertamanya R.A.A. Surianata. Sejarah kedudukan Ibu Kota Kabupaten Karawang adalah :

 
  1. Kabupaten Karawang dengan Ibu Kotanya di Karawang dari tahun 1653-1819 (166) tahun
  2. Kabupaten Karawang Ibukotanya di Wanayasa dari sekitar tahun 1820-1830 (10) tahun
  3. Kabupaten Karawang dengan Ibukotanya di Purwakarta dari tahun 1830-1449.Melalui keputusan Wali Negara Pasundan tanggal 29 Januari 1949 Nomor 12 Kabupaten Karawang dipecah menjadi 2
  4. yaitu Karawang Barat dengan Ibu Kota Karawang dan Karawang Timur menjadi Kabupaten Purwakarta dengan Ibu kota di Subang
  5. Dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Kabupaten dalam lingkungan Propinsi Jawa Barat tahun 1950. Karawang secara resmi dinyatakan sebagai Kabupaten yang berdiri sendiri dengan Ibukota di Karawang

Saat ini Kabupaten Karawang dibagi atas 3 Kewedanaan, 12 Kecamatan dan 112 Desa dan ditetapkan bahwa Kabupaten Karawang didirikan pada tahun 1633 Masehi. Sekarang Karawang telah terbagi menjadi 30 Kecamatan dan terdiri dari 309 Desa.

About these ads

91 thoughts on “SEJARAH KARAWANG YANG TERTULIS DI MUSIUM PERJUANGAN INDONESIA”

  1. People everywhere ‘ regardless of their phone type ‘ have needs for communication and entertainment.

    Some will provide motivation to keep you running or
    working out, others to stop you from eating bad food and some to give you that extra motivation needed
    to lose those last few pounds. The Droid, Verizon Wireless and Motorola’s answer to the i – Phone, was only recently released to the public, but already, the Android Market is loaded with hundreds of free apps.

  2. These courses provide high quality study materials with high definition videos as practical training.
    Co-Q10 is located in areas of high physiological activity.
    The experts use herbs and organic matters to neutralize the deadly poisons.

  3. All semua harapan kalian akan terwujud di karawang tinggal tunggu tanggal mainnya… dan berdo’a
    untuk membantu orang-orang yang berjuang demi Karawang, kesulitannya cuma dengan para pesolek dan para MAFIA tanah saja,…..

  4. All… Aku Punysa semua tentang sejarah karawang dari jaman TARUMA NEGARA, PADJADJARAN, pokonya lengkap dan sebenernya banyak situs” petilasan dan makam yang ada di karawang sampai ada makam yang panjangnya 14 cm dan ada yang 4-5 cm. By. KELUARGA BESAR RAJA PASOENDAN PADJADJARAN KRAWANG-POERWAKARTA DAN MASYARAKAT ADAT TEGAL WARU KUTA TANDINGAN KARAWANG. info Hub. jhunballistick@gmail.com

  5. Alhamdulillah iringan gong kabuyutan …semua sudah kumpul di KARAWANG…. tunggu tanggal mainnya KARAWANG bakalan jadi IBU KOTA….

  6. urang orang karawang…
    ulah sampai karawang daerah yg tertinggal…
    karena karawang terkenal dengan kota padi,,,
    tingkat kan kemajuan karawang,,
    jangan hanya comentar saja,,,,,

    kudu yakin orang karwang,orang yg di takutin se jawa barat….

  7. Krwng tmpt kelahiran saya, sebagai org krw sy merasa bangga, karna krwng skrng udh menjadi kota yg maju, tp tlng kpd pemerintahaan krwng sediakan lbh bnyk lg lahan pekerjaan, karna di daerah sy khususnya msh bnyk yg nganggur,,karna trbntur mslh ijasah, jd sy minta utamakanlh org2 sprti mereka, yg pnting dia mampu dan pnya smgat utk bekerja,, sekian dn trmksh.

  8. Mau tau sejarah Karawang? Peta Karawang? Baca buku IPS kls 4 SD. Judulnya Mengenal Peta Kabupaten Karawang. Penrbit Taushia. Nama2 bupatinya jg ada. Hmmm.. Karawang bak Jakarta. Org asli Karawang trsisih oleh pendatang. But i’ll always love Karawang.

  9. ibu asli karawang…
    ayah asli karawang…
    dari kecil tinggal di karawang.
    pkknya i LOVE YOU FUUL lah keur KARAWANG Mah.
    tapi yang bikin heran kenapa masih banyak orang-orang yang tidak cinta ke karawang. padahal semunya udah lengkap di sini.

  10. Karawang di ambang batas modernisasi dan kapitalisme.

    Saya lahir dan sebagian hidup saya di karawang, asli euy. Berjuang di kota lain..pada 2011 ini, saya kembali, Karawang sudah sangat berubah, pusat industri skala besar, mall-mall besar, mengeser berbagai situasi masyarakat yang sebelumnya sangat saya kenal. Kita harus mengawal pemda untuk memanfaatkan pusat industri dan perdagangan menjadi modal untuk kesejahteraan masyarakat Karawang asli. sudahkah lapangan pekerjaan diberikan seluas-luasnya bagi warga karawang, bagaimana pajak daerah yang begitu besar dari industri untuk biaya pendidikan anak anak karawang, bagaimana mall-mall menghabisi pasar tradisional dan pedagang kecil. Ayo kita buat forum karawang, biar kita kawal bersama kemajuan Karawang buat anak cucu kita nanti, bukan buat segelintir pejabat nakal yang haus kekuasaan dan lupa daratan ataupun mabuk modernisasi dan kapitalisme. Salam.

    1. Memang pembangunan selalu menimbulkan sebuah perubahan, bahkan tidak jarang menimbulkan dampak yang dianggap merugikan sebagian masyarakat. konsekwensi pembangunan tentunya adalah sebuah perubahan paradigma masyarakat dalam bersikap, bertindak dan berfikir. pergeseran gaya hidup dan cara pandang dalam perikehidupan sosial sedikitnya akan berubah seiring dengan derasnya aliran informasi dan asimilasi budaya hal ini sudah dipastikan akan terjadi disetiap daerah yang berpotensi besar untuk berkembang. tinggal penalaran kita sebagai masyarakat yang harus lebih arif menyikapi perubahan ini sehingga tidak mudah terhanyut dalam derasnya kemajuan jaman.

  11. semoga karawng terus maju> interasih
    slalu d jaga.udah lama aku krj d pulau bangka, ooooooooh rindunya kampung halamanku.

  12. saya harap kepada pemerintah karawang memeinimalkan angka pengangguran dg cara buka lahan pekerjaan bagi anak muda yg tak mampu meneruskan pendidikan agar berkurangnya angka kriminalitas..
    karena kita semua tahu bahwa jawa barat mendapat ranking 3 setelah sumatera dan DKI tentang menjalarnya narkoba..saya khwatir dg generasi penerus selanjutnya.

  13. Sebagai urang Karawang, saya merasa pembangunan di wilayah Karawang masih belum pesat, masih banyak dari wilayah Karawang yang belum tersentuh infrastruktur jalan, jembatan, jaringan listrik dengan baik.

    Pembangunan Monumen Proklamasi di Rengasdengklok juga masih tersendat entah alasannya apa, padahal di lokasi itulah dulu Dwi Tunggal kita menentukan Proklamasi Kemerdekaan RI.

    Para birokrat Karawang masih menggunakan paradigma lama dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan apalagi di Era Reformasi ini masih saja ditemukan aparat yang terlibat korupsi dana APBD dan proyek pembangunan yang ada, bahkan tersangka kasus korupsi masih berani mencalonkan diri menjadi Calon Bupati, sungguh ironis.

    Kepada putra-putri Karawang yang sudah menduduki jabatan penting dan atau menjadi pribadi sukses mohon dukungannya untuk pembangunan Karawang menjadi lebih baik.

    Salam dari saya, Marcos van Karawank

  14. Saya anak Karawang asli punya sejarah berdirinya Karawang silsilah bupati Singaperbangsa, syech quro dan situs Candi Jiwa yang menurut para archeolog lebih besar dari Candi Borobudur dan akan saya simpan untuk jadi arsif karena saya sudah jadi orang Madiun yang akan tetap bangga dengan Karawang kota Pangkal Perjuangan.

    1. bagi anda Karawang menjadi memorabilia tanah kelahiran, yang pernah menyimpan cerita masa indah anda beserta kawan, saudara dan masyarakat, jadikan semua itu sebagai bagian dari cerita hidup anda dan tetaplah berkiprah meski dimanapun anda berpijak…salam dari Karawang

  15. JADIKAN Lah kota karawang kota yang amat bersejarah untuk anak cucu kita bangkitlah karawang

    kemenangan yang akan kita raih,

  16. punten…..aki nini abah ema engkong bapak ibu enma

    kirang lengkiap….. sejarah karawang teh.. jd teu tiasa ngapal keun…jeun teu nyaho sjarah.. kota urang sorangan…

    apa kata dnia anax karawang gx tw sejarah karawang….
    apa jdi nya nati an”k karawang.??

    SANGAT SANGAT
    MEMPERHAYINKAN

    By: jankha anu asli nax karawang tea ih…!

    waler ahh..??
    eukeur anu satuju sareng coment ieu??

  17. uing bangga pisand jadi urang karawang, karawang kota pangkal perjuangan……………………………!!!!!!!!!!!!!!
    abarge ahead the my karawang, don’t sink.
    don’t become the waste town!!!!!!!!!!!!!!!

  18. Saya lahir d bandung, ttp saya tinggal di karawang..
    Karang karawang beda banget sama yg dulu, wktu dulu saya bermain permainan tuch bermacam2 tradisional lg, nah kalo sekarang tuh beda bnget apa lg karang tempat tinggal saya sudah menjadi perumahan. Saya kecewa bnget..

    Val maza..

  19. Waktu saya masih sekolah saya sangat bangga karna saya di lahirkan di wilayah karawang. Tapi setelah selesai sekolah cari kerja pun sulit padahal di karawang sudah banyak industri. Saya baru bisa kerja itupun harus mengeluarkan uang dulu. Saya sangat kecewa dengan ini.

  20. Semoga kita dalam kebaikan…
    Bisa minja jelasin siapa bupati pertama karawang??yang singaperbangsa itu?bisa ga?semacam biagrapinya gt??saya rasa saya cm tau nama doang…yuk yang tau bagi..

  21. Saya lahir dan besar di kota karawang tercinta, karena susah nya mendapat pekerjaan di kota sendiri akhir nya saya memutuskan untuk merantau ke luar pulau. Hanya satu pesan saya Tolong pada pemerintah daerah jangan biarkan warga pribumi ga dapat kerja di tanah klahiran nya sendiri..

  22. ya ampun… aku baru tau sejarah kota ku sendiri..
    disekolah gk ada yang menjelaskan sdetail ini tentang karawang.
    hatur nuhun akh,,,,!!??

  23. karawang memang hebat…abdi bangga jd putra karawang yg membuat semangat hidup di rantau..karawang pangkal perjuangan

  24. saya lahir di karawang tapi saya ga tau saya ini pa bener2 orang karawang, karena orang karawang yg sebenernya punya ciri2 ter sendiri, dan menurut buku yg pernah saya baca orang karawang yg bener2 orang karawang hanya 5445. dan itu tidak akan bertambah sampai kapanpun. dan pu2hu karawang da 7 orang, yg punya julukan kena lara ora kena pati,
    kalau anda tau tolong kirim ke e-mel saya.

    terima kasih,wasalam

    1. buku yang anda baca sumbernya dari mana ? dan nama anda adalah sukmawijaya berdasarkan nama tersebut apa anda termasuk nasab dari rd. wijayakusuma

  25. assalamu’alaikum wr. wb
    saya ingin tahu sekali dengan lengkap biografi atau sejarah tentang adipati wirasaba (rd. aria surengrono)termasuk nasabnya dan apa hubungannya dengan rd. P. ar. wijayakusumah/jaya kusuma.

    wassalam

  26. karawang adalah kota perjuangan sampai sekarang masih berlaku contohnya masih banyak masyarakat asli krw yang berjuang nyari kerja dikota y sendiri……
    ” ADA APA DENGAN KOTA KARAWANG “………..??????????????
    beruntunglah kawan mempunyai kota karawang……..!!!!!!!
    kota yang penuh akan sejarah akan tetapi tidak dimanfaatkan oleh pemerintah daerah……!!!!!! tempatsejarah pertama yaitu
    rumah penyembunyian presiden RI ke 1 di dengklok tidak diperhatikan n pemegangnya masih ahli waris tdk oleh pemda krw, malah akan dijual oleh ahliwaris……..
    kedua yaitu candi jiwa yang ada di batu jaya yang ditemukan oleh mahasiswa -mahasiswa UI hanya dibiarkan dan terbengalai, jika dirawat dan diteliti lagi candi itu lebih besar dari candi borobudur……coba bayangkan oleh anda sangat berharga sekali aset – aset pemerintah yang menguntungkan untuk masyarakat.” ADA APA KARAWANG ” apa ada tindakan oknum – oknum yang hanya memikirkan kepentingan pribadi……….. ” BANGGA LAH JADI ORANG KARAWANG “

  27. dulur sakabeh…
    kalo sejarah karawang dimuat dalam blog ini, tentulah akan sangat panjang dan pasti ga muat di blog yang emang gratisan, tapi ga usah khawatir, saya sudah sediakan e-book tentang sejarah karawang, kalo mau bisa pesen lewat email, atau tulis aja di komentar ini. selain itu saya punya kumpulan puisi dalam bentuk buku yang ditulis oleh anak-anak petani se kabupaten karawang dan dicetak sebanyak 1000 buah buku, bagus juga karya mereka padahal penulis nya masih pada duduk di bangku SD (nongkrong ada yang ga sampe lulus)kalo mau pesen juga, tapi ada harganya…….. relatif murah dan pasti terjangkau… harganya ntar di kasih tau lagi

  28. saya asli orang karawang,dari kakek -nenek-bapak-ibu asli karawang ,yg saya banggakan di karawang banyak industri tapi yg saya sayangkan ko kenapa masyarakat asli karawangnya banyak yg menganggur hanya menjadi penonton di daerah sendiri ,kami mohon agar masyarakat/putra – putri karawang dapat mencari napkah di daerahnya sendiri,dan berkarya bagi masyarakat karawang makasih.

  29. Punten.. akang / eteh.. yg punya blog…
    saya minta Artikel Sejarah Kota Karawang-y ya, buat di pasang di blog punya saya, cz baru bikin n baru belajar, maklum awam jadi nyontek dulu karya orang lain… hehehehehe.,.,.,…

    klo boleh sich bantuin saya, supaya blog saya bisa bagus n banyak di liat orang…

    Hatur nuhun akang / eteh…

    by
    awan83.wordpress.com

  30. Karawang adalah tempat kelahiran saya, yang harus terus diperhatikan dalam segala kemajuannya. karawang kota padi mungkin itu selogan yang sudah hampir musnah dan asing bagi generasi muda. oleh karenanya kita sebagai putra daerah yang masih punya perhatian terhadap kultur masyarakat karawang yang dominasi sebagai petani. ini harus menjadi kajian kita bersama agar selogan karawang kota padi bukan hanya sekedar batu nisan yang dipajang tanpa arti.

  31. Temaram di Karawang

    selalu
    ketika mega tenggelam kupaparkan segala keluhan
    walau hanya sisa – sisa cahayanya saja
    yang dapat kuajak bicara lalu hilag entah kemana

    selalu
    alunan adzan berdendang meski samar terdengar
    di hati nanar, aku tetap menghampiri cahaya

    selalu
    dingin yang semakin runcing menyayat hari – hariku
    dengan ribuan penat dibenak yang beranak pinak

    selalu
    meski ribuan tanya yang kubawa setelah sekian lama
    aku mengembara di bumi yang sakit jiwa
    mencari duniaku yang hilag, begitupun tuhan

    Karawang 2005
    Di Makam Syeh Quro

    pulo bata
    sebuah situs masa lalu
    bersama udara jum’at kliwon
    dan zikir-zikir hati para pedagang

    tajam dupa dan kemenyan menyibak tirai makam
    lafad-lafad dan bait marhaba dikumandangkan
    sentuh aku wahai waliyulloh
    syeh qurotul uyun karawang

    fatihah malam ini membentur uang recehan
    dan aku tenggelam dalam alam bawah sadar
    seraya menciptakan imaji raut sang wali suci
    menyentuh para peziarah yang mengharap berkah

    dalam sadar indra penciuman menangkap wangi
    aku tahu wali sudah datang semua kepala tertunduk
    hadir wali seiring wangi menggetarkan hati ini
    dan lafad-lafad pun kubacakan

    pulo bata
    sebuah situs masa lalu
    gundukan bata merah yang menyimpan sejarah
    adalah kisah sang wali

    ada suara tanpa rupa

    Karawang 2007

  32. saya senang ada web sejarah untuk karawang tapi tolong lebih banyak lagi karena bukan hanya itu saja yang ada sejarah karawang dan saya asli karawang, tapi tolong jagalah keindahaan karawng karena itu merupakan aset budaya karawang
    maju karawang euuuuuuuuuuuuy

  33. maaf ada tambahan dari saya. saya tidak mau menilai blog anda dengan penilaian dalam informasi blog, menurut saya blog yang anda tampilkan akan lebih baik lagi apabila memuat seluruhnya tentang karawang.
    karena dalam blog anda hanya dalam keseluruhan saja tidak mendetail.

  34. saya suka tinggal dikota karawang soalnya karawang kota yang bersejarah dan memiliki kebudayaan yang terbilang luar biasa. kota pangkal perjuangan ini semoga saja tidak berhenti sampai disini semoga kedepannya lebih baik dan terus berjuang. saya bukan asli dari jawa barat khususnya karawang, namun karawang adalah kota asal saya. saya memang tidak jauh lebih dalam mengerti, dan paham tentang karawang, karena hal ini tak ubahnya dalam diri saya ingin sekali menimba pengetahuan tentang karawang, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memahami sejarah kota karawang, dari pada tidak sama sekali belajar dan memahami.benar begitu??
    Ya, tentu saja.

    Kritik saya, semoga peraturan lalu lintas di kota karawang bisa lebih diperketat.

  35. maaf saya baru bisa balas komentar anda semua, maklum lagi sibuk nyari-nyari bahan tulisan lain. saudari dwi memang wajar jika anda merasa karawang sekarang jauh berbeda dengan sebelumnya, emang bener kalo dulu karawang terkenal dengan luas hutan dan sawah, masyarakat tentram dan damai tanpa kompetisi untuk nyari kerja, sekarang orang berebut mencari mata pencaharian mereka, dampaknya sawahpun habis di rubah menjadi pemukiman dan kontrakan, tragisnya industripun menyumbang bagian terbesar terhadap berkurangnya lahan sawah, bisa dibayangkan kalo jumlah orang di karawang bertambah sementara sawah berkurang…..kelaparan pasti akan terjadi, jadi kita juga harus ikut mengontrol pembangunan dan jangan biarkan sawah di karawang habis….

  36. saya kangenbanget sama keadaan karawang yang asri dan hijau….

    yang dulu masih banyak sekali sawah-sawah yang subur…
    sekarang keadaan sangat berubah drastis karawang sekarang menjadi kota industri dan polusipun sekarang sudah merajalela…..

    ingin rasanya ke jaman dulu ,,,
    diamana keadaan karawang masih indah dan asri akan sawah…

    seakan sudah tidak berlaku lagi ungkapan
    “karawang kota padi”

  37. saya orang karawang,,
    tapi jujur ngga tau secara menyeluruh tentang karawang.
    saya ingin tau asal mula karawang hingga sekarang.
    kalo bisa, tolong dong di kirim ke e-mail saya.nuhun.

  38. eh…kawan sorry banget sebulanan ini aku lg keluar kota jd ga sempet buka blog….ok dech Insya Allah informasi yang anda ingin bakal aku cariin….

  39. Karawang harus antisipasi banjir, apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini.. mohon kepada pemda kota karawang sebaiknya diadakan simulasi penanggulangan banjir di karawang. thanx

    1. Sami abdi ge rindu dah lama g pulang ke Karawang maklum udah jadi urang Madiun tapi g kan pudar rasa cinta sama tanah kelahiran.

  40. Minta cerita rakyat karawang yang lengkap donk,ada tugas nich…
    Kaya sejarah masjid agung ‘n asal usul nama2 jalan di karawang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s